08 September 2009

Penghematan Air



Selama ini sering baca kan salah satu cara untuk menghemat air itu adalah dengan mandi menggunakan shower. Nah, saya selalu ngerasa kalimat itu kurang lengkap. Harusnya tuh, mandilah menggunakan shower daripada bath tub. Jelas dunk, berendam itu biar enak tapi kan pakai airnya banyak banget.

Baru kemarin ini gw baca, cara menghemat air dengan mandi menggunakan shower daripada bak air. Nah lho??! Kok bisa? Padahal nih, secara pengalaman menggunakan shower dan bak air, shower itu enak banget buat berlama-lama mandi padahal dah bersih, jadi sih rasanya ga beda jauh sama bak air.

Lalu cobalah saya melakukan uji coba di rumah. Caranya? Mengisi gayung yang biasa dipakai dengan air dari shower. Ternyata, untuk mengisi satu gayung itu dibutuhkan waktu kira2 beberapa detik dengan kecepatan yang biasa saya gunakan.

Prakteknya, saat menggunakan gayung, beberapa detik tadi kita pasti sudah sibuk menggayung beberapa kali, dan masih belum cukup bersih, karena airnya tanpa arah. Sementara, dalam beberapa detik itu, kita bisa mengarahkan kepala shower, sehingga pasti lebih cepat bersih.

Jadi kesimpulannya, memang mandi menggunakan shower adalah yang paling hemat pada kondisi mandi normal. (ga termasuk bagian nyanyi2 ya...hehehe...)


*agak kurang penting post ini...hahaha...

Tidak ada komentar: