03 Mei 2009

Si Hebat yang tidak ber Ambisi

Setelah kemarin baca buku karangan Elizabeth Gilbert, Eat, Pray, and Love, jadi tertarik untuk baca buku biografi. Ng...Sebenarnya ngga gitu juga sih..bingung aja mau pinjam buku apa, jadilah pilihan jatuh pada yang ini.

Biografi Wimar Witoelar, ditulis oleh Fira Basuki. Tertarik karena di sampul belakang ada review dari Dewi Lestari. Terus yang nulis Fira Basuki, dan setelah itu, baru ngeh...Oh ternyata si WW (begitu dia akrab disapa) ini pernah jadi juru bicara presiden zaman Gus Dur.

Berangkat dari kisah perkenalan Fira Basuki dan WW, kemudian tercetus ide untuk menulis sebuah biografi WW yang ringan dan menarik untuk dibaca. Fira Basuki kemudian mengikuti ke manapun WW pergi, dan memperkenalkan kita kepada sosok WW melalui tulisannya.

WW itu orang hebat, menurutku dan ribuan orang lainnya di seluruh dunia. Ngga salah, seluruh dunia. Sepak terjang WW sebelum, selama, dan setelah menjadi jubir presiden selalu menjadi perhatian dunia internasional. Jadi mungkin aku saja yang kuper karena cuma mengenal sosok WW yang gendut nan kribo..

Apa yang membuat dia hebat??

Karena WW menjalani prinsip hidup apa adanya, dan selalu berusaha di pihak yang netral.

I envy him for he always opinion about anything, since I prefer don't care or don't know or just think the same as everybody.

Juga karena dia kenal semua orang, bersikap ramah ke semua orang, dan memberi perhatian lebih kepada mereka.

Dia suka menolong. Tanpa pamrih dan bukan demi publikasi. Langka ini...

Dia selalu bisa membuat orang tertawa bahkan membahas topik sensitif.

Dia berani berpendapat, namun juga menghormati pendapat orang lain.

Dia tidak mengejar jabatan. Walaupun kalau dia yang jadi capres, pasti dia yang aku pilih. Siapa lagi capres yang punya blog??

Itu beberapa hal yang aku tangkap saat membaca bukunya, dan membaca blognya di sini. Rasanya ingin ikutan kenalan dan bertukar pikiran. Mungkin...jiwa mudanya bisa mengerti dan membimbing si anak hilang ini...Hehehehehe...

Tidak ada komentar: