05 Maret 2011

Berhadapan? Atau bersebelahan?

Kalau kamu sedang makan berdua dengan teman, atau pacar, apakah kamu biasa duduk berhadapan dengan dia? Atau bersebelahan?

Belakangan ini saya sering memperhatikan reaksi saya sendiri kalau sedang makan berdua di luar. Acara makan ini bisa dengan teman atau klien *sayang pacar belum punya =P*. Saya merasa ada perbedaan ketika saya duduk berhadapan dan bersebelahan, walaupun makan dengan orang yang sama.

Sebagai makhluk yang suka quality time, waktu makan dan ngobrol panjang sesudahnya adalah favorit saya. Terutama ketika membicarakan aktivitas sehari-hari sampai bercanda yang tidak penting.

Saya merasa ketika duduk berhadapan, saya merasa lebih canggung untuk ngobrol. Mungkin karena keharusan menjaga kontak mata, mungkin karena saya merasa dilihat secara seksama, atau mungkin saja dia malah tidak memperhatikan saya, mungkin saya merasa jauh walaupun si teman makan cuma terpisahkan oleh meja.

Lain halnya ketika duduk bersebelahan. Saya merasa lebih nyaman karena saya melihat ke depan dan hanya sekali-sekali melihat ke sebelah. Sambil berbicara, saya bisa mengeksplor sekitar saya dan tahu bahwa teman saya melihat situasi yang sama. Saya bisa tertawa karena satu hal, dan dia lebih mudah mengerti apa yang saya tertawakan. Karena pada saat itu, kami melihat dunia dari sisi yang sama. And that way, somehow I feel more relax.

Weird? I think so. Hahahaha... Dari sini, saya memperhatikan lagi reaksi saya kalau sedang makan ramai-ramai. Duduk di sebelah orang yang tidak saya sukai bisa merusak mood makan. Sementara kalau di hadapannya, saya bisa tidak peduli padanya sepanjang malam, dan saya akan baik-baik saja. Hal ini benar-benar terjadi pada kasus orang yang sama. Boleh percaya, boleh tidak.

Jadi, coba kamu perhatikan. Apa kamu tipe bersebelahan? Atau berhadapan?

1 komentar:

amadea mengatakan...

gw suka duduk sebelahan, dengan alesan2 yang sperti lo bilang di atas.. so true! kalo seberang2an berasa "jauh", dan kayanya susah ngomong something private, karena cenderung suaranya lebih keras kan, karena lebih jauh. trus lebih canggung, karena berasa diliatin hahahha. jadi pengen nulis blog soal ini juga hahahaa